Cara Membuat Waffle dengan Selai Nutella

Waffle adalah jenis makanan yang sudah sangat populer di kawasan Eropa dan sekitarnya, dimana saat ini sudah mulai menyebar ke daerah kita, yang demikian itu terlihat dari maraknya penjualan waffle di pinggiran jalan dan cafe. Jenis waffle yang cukup populer ialah kue waffle dari Belgia dengan nama yang berbeda-beda, seperti waffle pandan, blue waffle, dan masih banyak yang lainnya.
Waffle adalah roti yang berasal dari Belgia dan memiliki motif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukanlah menu asli tanah air, tetapi masakan ini cukup banyak dijumpai di rumah makan yang ada di Indonesia.
Dalam proses pembuatan waffle biasanya yang sukar untuk anda lakukan adalah mencari pencetak khusus roti waffle yang memiliki karakteristik berbeda dengan alat cetak roti lainnya. Tetapi untuk pembentukan adonan waffle sangat gampang dibuat, anda bisa dengan mudah untuk membentuknya.
Roti waffle sangatlah cocok digunakan untuk makan pagi, kebanyakan kue waffle disajikan bersama topping strawberry, coklat dan lainnya sesuai selera, waffle juga bisa dinikmati bersama kopi. Ada juga sebagian orang yang lebih memilih menikmati waffle sebagai dessert.
Namun apakah anda sudah tahu bahwa waffle memiliki berbagai macam jenis?
Inilah 6 macam kue waffle yang paling terkenal di dunia :

1. Jenis-jenis kue waffle
Berikut ini adalah beberapa varian waffle yang sering kita dapati di sekitar kita. Inilah keterangannya:
a. American Waffles
Ini ialah jenis kue waffle yang dihidangkan di All Good. Waffle Amerika semakin nikmat jika disiram dengan aneka topping di atasnya, seperti:f krim, sirup, atau es krim.
Biasanya American Waffles memiliki tekstur yang lebih tipis dengan volume yang padat. Meskipun mempunyai isi, roti waffle Amerika tetap mudah diiris layaknya kue pancake.
b. Belgian Waffles
Belgian Waffles biasanya memiliki berat yang ringan dilengkapi tekstur yang agak garing. Waffle Belgia memiliki bentuk yang unik yaitu persegi panjang.
Sesungguhnya bila melihat dari historinya, Aslinya Waffle Belgia hanya ditaburi gula saja tanpa campuran topping lainnya. Pencampuran topping pada jenis waffle Belgia ini bisa dikatakan sudah merubah keautentikannya.
c. The Liège waffles
Resep The Liège waffles diambil dari bahan kue Brrioche yang mempunyai rasa manis. Itulah yang membuat the liege waffles menjadi padat dan manis di mulut.
d. Hong Kong waffles
Di Hong Kong, waffle biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima. Mereka dapat menyantapnya disaat kondisi hangat.
Waffle Hong Kong mempunyai tekstur bulat-bulat seperti roti cubit. Penjual waffle di negara ini biasanya meletakan mentega, kacang, cokelat, atau gula di sebagian waffle setelah itu barulah dilipat menjadi satu.
e. Scandinavian waffles
Waffle Scandinavia dicetak tipis setelah itu dibentuk seperti hati. Setelah itu di atas waffle Scandinavia ditaburi gula, stroberi, selai, dan buah-buahan.
f. Stroopwafels
Waffle bermodel negara kincir Belanda ini adalah roti waffle tipis ditambahkan dengan sirup di dalamnya. Komposisi adonannya dibuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.
Stroopwafels ialah waffle yang dipotong menjadi dua bagian saat masih dalam proses pemanggangan. Kemudian waffle diolesi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis yang berfungsi sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

Baca juga  Cara Membuat Waffle Cone yang Paling Mudah
2. Campuran Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Waffle
Resep waffle yang akan kami berikan ini merupakan cara yang tidak banyak berbeda dengan resep belgian waffles yang sudah cukup dikenal, sehingga membuat waffle ini menjadi sangat enak dan gurih.
Untuk mendapatkan waffle yang lezat dan sehat anda membutuhkan setidaknya bahan-bahan berikut ini :

a. 1/4 kg tepung terigu.
b. 50 gram margarin yang dicairkan terlebih dulu.
c. 400 ml susu cair.
d. Setengah sendok garam dapur.
e. 3 butir kuning telur ayam.
f. 3 butir putih telur ayam.
g. 2 sdm gula pasir putih.
h. 4 sdt baking powder siap pakai.
i. Terakhir vanila powder, sesuai kebutuhan.

3. Cara Membuat Roti Waffle Spesial Renyah Gurih.

a. Siapkan 2 wadah yang berbeda untuk tempat mencampurkan bahan adonan, masukan tepung terigu, gula pasir,garam, bubuk vanila, dan baking powder pada tempat awal, kemudian aduk sampai tercampur semua.
b. Selanjutnya masukan margarin yang sudah dicairkan, kuning telur dan susu cair, selanjutnya aduk sampai merata.
c. Kemudian masukan adonan cair pada tempat kedua ke wadah pertama, setelah itu aduk hingga seluruh bahan tercampur secara rata.
d. Kemudian masukan putih telur ke dalam mesin mixer sampai warnanya berubah menjadi putih seperti warna busa sabun.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-waffle-nutella/

Cara Membuat Waffle dengan Paduan Ice Cream


Waffle merupakan jenis makanan yang sudah sangat terkenal di daerah Eropa dan sekitarnya, dimana sekarang sudah mulai merambah ke kawasan kita, yang demikian itu terlihat dari maraknya penjualan waffle di pinggiran jalan dan cafe. Jenis waffle yang cukup terkenal adalah kue waffle yang berasal dari Belgia yang memiliki nama yang berbeda-beda, seperti waffle pandan, blue waffle, dan masih banyak yang lainnya.
Waffle merupakan roti yang berasal dari negara Belgia bermotif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukan merupakan masakan khas tanah air, namun menu ini sudah banyak dijumpai di cafe yang terdapat di Indonesia.

Saat proses pembuatan roti waffle terkadang yang sukar untuk anda lakukan yaitu menemukan pencetak khusus waffle yang memiliki ciri berbeda dibandingkan dengan alat cetak roti lainnya. Namun untuk pembentukan adonan waffle sangat mudah dibuat, anda mampu dengan mudah untuk membuatnya.

Roti waffle sangatlah cocok dihidangkan untuk sarapan, seringkali waffle disajikan bersamaan dengan topping strawberry, coklat dan lainnya sesuai keinginan, waffle juga bisa dihidangkan bersama kopi. Ada juga beberapa orang yang lebih memilih menikmati waffle sebagai dessert.

Akan tetapi apakah anda sudah tahu bahwa kue waffle memiliki beraneka macam jenis?
Berikut 6 macam kue waffle yang paling terkenal di dunia :

1. macam-macam kue waffle
Berikut adalah beberapa jenis kue waffle yang sering kita dapati di sekeliling kita. Berikut penjelasannya:
a. Waffle Amerika
Ini ialah jenis kue waffle yang dihidangkan di All Good. Waffle Amerika semakin lezat jika disiram dengan aneka topping di atasnya, seperti:f krim, sirup, atau es krim.
Biasanya Waffle Amerika mempunyai tekstur yang lebih tipis dengan ketebalan yang padat. Meskipun memiliki volume, kue waffle Amerika tetap mudah diiris seperti pancake.
b. Belgian Waffles
Waffle Belgia biasanya mempunyai berat yang ringan dengan tekstur yang agak garing. Waffle Belgia mempunyai bentuk yang unik yaitu persegi panjang.
Sesungguhnya apabila melihat dari historinya, Aslinya Belgian Waffles hanya diberi gula saja tanpa dicampur topping lainnya. Penambahan topping di waffle Belgia ini dapat dikatakan telah mengkontaminasi keautentikannya.
c. The Liège waffles
Bahan The Liège waffles diadaptasi dari adonan roti Brrioche yang mempunyai cita rasa manis. Hal itulah yang menjadikan waffle ini menjadi padat dan manis di lidah.
d. Hong Kong waffles
Di negara Hong Kong, waffle biasanya dijual oleh penjual asongan. Masyarakat di sana bisa menikmatinya disaat kondisi hangat.
Hong Kong Waffles mempunyai bentuk bulat-bulat seperti kue cubit. Pedagang waffle di negara ini memiliki kebiasaan menaburkan mentega, kacang, cokelat, atau gula di satu sisi waffle kemudian barulah dilipat menjadi satu.
e. Scandinavian waffles
Waffle Scandinavia dicetak tipis setelah itu dibentuk menyerupai bentuk hati. Kemudian di atas waffle Scandinavia ditaburi gula, buah stoberi, selai, dan berbagai jenis buah.
f. Stroopwafels
kue waffle berlatar belakang Belanda ini ialah roti waffle tipis ditambahkan dengan sirup di dalamnya. Komposisi adonannya dibuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.

Baca juga  Distributor Makanan Beku Bekasi
Stroopwafels adalah waffle yang dipotong menjadi dua bagian yang sama disaat masih dalam proses pemanggangan. Setelah itu waffle ditaburi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis yang berfungsi sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

2. Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Waffle
Cara membuat waffle yang akan kami berikan berikut adalah teknik yang tidak banyak berbeda dengan cara belgian waffles yang sudah sangat terkenal, sehingga menyebabkan waffle ini menjadi sangat renyah dan gurih.
Untuk mendapatkan waffle yang lezat dan bergizi anda memerlukan setidaknya bahan-bahan berikut ini :

a. 250 gram tepung terigu.
b. 1/20 kg margarin cair.
c. 400 ml susu cair.
d. ½ sdt garam halus.
e. Tiga butir kuning telur ayam.
f. 3 putih telur ayam.
g. 2 sdm gula pasir putih.
h. 4 sdt baking powder siap pakai.
i. Terakhir vanila powder, secukupnya.

3. Langkah-langkah Membuat Kue Waffle Spesial Renyah Garing.
a. Sediakan 2 tempat yang berbeda untuk tempat mencampurkan bahan adonan, letakan tepung terigu, gula pasir,garam, vanila powder, dan baking powder pada tempat awal, setelah itu aduk hingga tercampur rata.
b. Setelah itu masukan margarin yang sudah dicairkan, kuning telur dan susu cair, lalu aduk sampai merata.
c. Kemudian masukan adonan cair pada tempat kedua ke wadah pertama, lalu aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.
d. Berikutnya masukan putih telur ke dalam alat mixer sampai warnanya berubah menjadi putih seperti warna busa sabun.

Comments

Popular Posts