Cara Membuat Popcorn Ala Bioskop 21 Di Rumah Kamu Sendiri

Apa Itu Popcorn?
Apa itu popcorn? Popcorn adalah makanan atau jajanan yang dibuat dari jagung yang dapat dimakan saat bersantai, menonton tv, maupun acara keluarga. Popcorn adalah makanan yang diminati oleh anak kecil dan remaja yang sering dijual di dalam bioskop, area taman bermain, stand pasar malam, kantin sekolah, maupun kantin kampus atau juga tempat dimana banyak orang yang berkumpul. Tempat-tempat seperti yang disebutkan sebelumnya yang jadi sasaran utama dalam menjual popcorn.
Bahan baku pada popcorn adalah jagung mentega. Popcorn sendiri ialah jagung yang dipanaskan dalam suhu tinggi. Sedangkan mentega sendiri digunakan agar popcorn menjadi lebih gurih. Membuat popcorn tidaklah sulit hanya dengan mencapurkan satu sdm mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 hingga tiga sendok jagung ke dalam mesin popcorn. Dan dalam 2 menit popcorn yang gurih dan lezat siap untuk dijual.
Sebelum kita mencoba untuk menjual popcorn pastikan kita harus memilih lokasi usaha popcorn yang strategis karena tak semua orang menyukai popcorn sebagai cemilan, karena masih banyak aneka cemilan ringan lainnya. Dan juga untuk sebuah tempat sewa yang akan dijadikan tempat penjualan harus disesuaikan dengan harga popcorn dan banyaknya penjualan yang terjadi.

Modal yang Kita Butuhkan untuk Berjualan Popcorn
Modal yang kita butuhkan untuk menjalankan bisnis popcorn memang masih dapat dikatakan tidak besar dengan perkembangan profit yang lumayan tinggi. Menjalankan bisnis popcorn dapat dikatakan tidaklah sulit dengan berbagai kemudahan menemukan bahan untuk membuat popcorn yang murah dan banyak ditemukan di pusat perbelanjaan. Bisnis popcorn juga memberikan cara penyajian dengan inovasi popcorn bermacam rasa dari bumbu yang berbeda. Untuk menjalani bisnis popcorn dengan langkah yang tidak sulit Anda perlu melakukan 4 hal berikut ini:
1. Yang pertama, buat perencanaan ketika mengawali bisnis popcorn Anda. Buat skema atau gambaran bisnis dengan memfokuskan jenis popcorn yang akan Anda buat, misal popcorn dengan rendah lemak (low fat). Anda dapat menjelaskan secara umum mengenai jenis popcorn tersebut mengenai rasa dan aromanya, cara pengemasan yang dibutuhkan, pemilihan tempat penjualan dan hal lainnya.
2. Kedua persiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha popcorn mulai dari mesin yang akan digunakan sampai peralatan pendukung yang lainnya. Sebenarnya popcorn tidak termasuk makanan yang dapat mengancam kesehatan jika cara mengolah maupun penyimpanannya tetap terjaga kualitasnya. Untuk membuat popcorn dengan mutu, kualitas dan kepercayaan yang baik dari konsumen tentu pastikan mendapatkan juga perizinan dari departemen kesehatan beserta dengan sertifikat halal dari MUI.
3. Yang ketiga, jika Anda ingin memasarkan produk popcorn Anda dengan cara online atau dengan membungkusnya langsung kemudian ditawarkan kepada para supplier, tentu Anda harus memberi label produk dengan brand yang unik dan baik. Jangan lupa untuk sertakan bahan pada kandungan popcorn yang dibuat, berat produk, kode kadaluarsa produk, informasi kandungan gizi, izin dari badan usaha serta informasi produk lainnya.
4. Promosikan bisnis popcorn ke khalayak dengan cara membidik sasaran yang tepat. Bisnis popcorn ini banyak yang berminat serta tinggi akan konsumsinya di masyarakat.
Kemudian setelah Anda mengetahui beberapa hal yang sangat penting untuk dijalankan dalam usaha popcorn, Anda bisa langsung memulai bisnis popcorn tersebut. Bahan baku dalam usaha popcorn ini memakai jagung serta mentega, popcorn sendiri diproduksi dengan cara-cara memanaskan jagung dengan menggunakan suhu yang tinggi hingga biji jagung mengembang. Penambahan mentega digunakan untuk menghasilkan rasa dan aroma popcorn yang enak, nikmat, dan gurih. Selain bahan tersebut biasanya ketika membuat popcorn juga bisa menggunakan bahan pewarna dan gula untuk pemanis.

Baca juga  Segarnya Es Tebu, Sesegar Keuntungannya
Resep Cara Membuat Popcorn
Bahan dan Alat yang Dibutuhkan:
· Biji jagung
· Mentega
· Panci beserta tutupnya (dapat diganti menggunakan wajan besar)
· Gula bubuk

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-popcorn-ala-bioskop-21/

Cara Membuat Popcorn Sendiri Agar Tidak Gosong


Modal yang Dibutuhkan untuk Berjualan Popcorn
Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis popcorn memang masih dapat dikatakan tidak besar dengan perkembangan profit yang cukup tinggi. Menjalankan bisnis popcorn dapat dikatakan sangatlah mudah dengan berbagai kemudahan menemukan bahan untuk membuat popcorn yang murah dan banyak ditemukan di minimarket.

Bisnis popcorn juga menyuguhkan cara penyajian dengan inovasi popcorn bermacam rasa dari bumbu-bumbu yang berbeda. Untuk menjalani usaha popcorn dengan cara yang tidak rumit Anda perlu melakukan hal-hal di bawah ini:
1. Yang pertama, buat rencana ketika akan memulai bisnis popcorn Anda. Buat skema atau gambaran bisnis dengan memfokuskan macam popcorn yang akan Anda buat, misal popcorn dengan rendah lemak (low fat). Anda bisa menjelaskan secara general mengenai varian popcorn tersebut mengenai rasa dan aromanya, cara pengemasan yang dibutuhkan, pemilihan lokasi penjualan dan hal lainnya.
2. Persiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis popcorn baik dari mesin yang akan digunakan maupun peralatan pendukung lainnya. Sebenarnya popcorn tidak termasuk ke dalam makanan yang dapat mengancam kesehatan kita jika saja cara mengolah maupun penyimpanannya tetap terjaga. Untuk membuat produk popcorn yang memiliki mutu, kualitas dan kepercayaan yang bagus dari konsumen tentu dapatkan juga perizinan dari Depkes beserta dengan sertifikat halal.
3. Jika Anda ingin memasarkan produk popcorn Anda dengan cara online atau dengan membungkusnya langsung kemudian ditawarkan ke para supplier, tentu Anda juga harus melabeli produk dengan merk yang unik dan baik. Jangan lupa untuk sertakan bahan-bahan pada kandungan popcorn yang dibuat, berat produk, tanggal kadaluarsa produk, informasi kandungan gizi, izin dari badan usaha serta informasi produksi lainnya.
4. Promosikan bisnis popcorn kepada masyarakat umum dengan cara memilih sasaran yang tepat. Bisnis popcorn ini banyak peminatnya serta tinggi akan permintaannya di kalangan masyarakat.
Kemudian setelah Anda mengetahui beberapa hal yang sangat penting untuk dijalankan dalam usaha popcorn, Anda bisa langsung memulai bisnis tersebut. Bahan baku dalam bisnis popcorn ini memakai biji jagung serta mentega, popcorn tersebut diproduksi melalui cara memanaskan biji jagung dengan menggunakan suhu yang tinggi hingga jagung mengembang.

Baca juga  Usaha Makanan Ringan dan Cara Membuatnya
Penambahan mentega dibutuhkan sehingga menghasilkan rasa dan aroma popcorn yang enak, gurih, dan nikmat. Selain bahan tersebut biasanya pembuatan popcorn juga menggunakan bahan pewarna dan gula untuk membuat popcorn menjadi manis.

Resep Cara Membuat Popcorn
Bahan-bahan yang Dibutuhkan:
· Biji jagung untuk popcorn
· Mentega
· Panci beserta tutupnya (bisa juga menggunakan wajan besar)
· Gula bubuk

Cara Membuat:

1. Sediakan panci dan tutupnya di atas kompor. Siapkan dan ditakar sesuai selera biji jagung yang akan dibuat menjadi popcorn.
2. Campurkan 2 sdm mentega ke panci, nyalakan kompor menggunakan api sedang. Setelah mentega meleleh, kecilkan kompor dan masukkan 2 genggam biji jagung ke dalam panci.
3. Kemudian tutup panci dan sesekali coba goyangkan panci sehingga membuat semua jagung terkena mentega.
4. Lalu biarkan beberapa saat, dan Anda akan mendengar suara letupan-letupan kecil di dalam panci.
5. Biarkan hingga letupan berhenti, dan matikan kompor.
6. Buka tutup panci kemudian tambahkan gula sesuai dengan selera, lalu campur merata.
Siap disajikan hangat. Jika ingin popcorn lebih berasa dan berwarna bisa dengan cara ditambahkan dengan gula cair dan pewarna makanan.


Comments

Popular Posts