Beberapa Manfaat Ikan Bakar Bagi Kesehatan Manusia

Siapa yang tidak mengetahui manfaat ikan bakar?
Ikan adalah satu dari sekian protein hewani yang banyak manfaatnya bagi tubuh. Manfaat ikan bakar terdapat banyak sekali yang bisa kita dapat jika mengonsumsi secara terus menerus. Apapun jenis ikannya, karena lemak yang terdapat didalam ikan merupakan lemak tak jenuh, hal tersebut membuatnya gampang untuk bisa dicerna oleh tubuh dengan baik.

Kandungan Nutrisi Ikan
Omega-3, asam lemak, vitamin : B2 (riboflavin) dan D, fosfos, kalsium dan Mineral : seng,zat besi, yodium, magnesium, dan kalium.

Artikel ini akan memberitahu Anda betapa banyaknya manfaat ikan bakar untuk kesehatan manusia.

Berikut adalah beberapa manfaat dari memakan ikan bakar bagi tubuh:
Mencegah Terjadinya Sakit Jantung
Manfaat pertama dari konsumsi ikan adalah mencegah timbulnya penyakit jantung. Menurut sebuah pemeriksaan, suku bangsa Eskimo yang tinggal di Greenland memiliki prevalensi dari pengidap penyakit jantung yang terendah. Hal yang sama juga terjadi di Jepang, di Jepang langka sekali ditemukan orang yang mempunyai penyakit jantung koroner. Apa yang membuat semua itu terjadi? Ternyata sangat mudah, yakni orang Eskimo dan orang Jepang amat suka makan ikan.

Mereka biasa memakan ikan dalam kondisi mentah, atau lebih sering disebut sashimi.

Sashimi merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat dari ikan. Orang Jepang suka sekali mengonsumsi makanan ini, dengan komposisi utama ikan segar dengan keadaan mentah. Pada dasarnya, orang Jepang dan orang Eskimo suka makan ikan dengan jumlah besar, maka dari itu risiko untuk mengidap penyakit kardiovaskuler maupun penyakit jantung dapat lebih ditekan, terlebih untuk pengidap penyakit jantung koroner. Dalam sehari, orang Eskimo memakan ikan sebanyak 300¬-400 gram dan juga orang Jepang sering memakan 100-200 gram ikan dalam sehari-harinya.

Makanan Pendamping Nasi Terbaik
Jika sedang malas harus sarapan menggunakan lauk yang setiap hari sama, dapat mencoba untuk mulai menggunakan ikan sebagai menu pendamping nasi yang memanjakan lidah. Ikan adalah sumber protein hewani yang mempunyai banyak sekali kelebihan, di antaranya adalah: mengandung banyak vitamin,protein,mineral dan memiliki sedikit kalori. Ikan sangatlah bagus untuk yang ingin menjaga kesegaran metabolisme tubuh selain dari apa yang kita dapatkan dari mengonsumsi daun-daunan. Banyaknya gizi yang ada pada ikan juga cukup bagus bagi manusia, seperti asam amino esensiil dan juga non esensiil.

Baca juga  Keuntungan Usaha Minuman Aneka Jus, Sesegar Minum Jus
Selain itu, Ikan pun memiliki daya absorpsi yang relatif tinggi yaitu 90-100 persen.

Lebih dari itu, Ikan pun mudah untuk dimasak bisa digoreng, dikukus atau direbus yang lebih menyehatkan.

Pencegahan Penyakit Kolesterol
Seseorang yang rentan terserang sakit jantung koroner adalah orang yang mempunyai kadar kolesterol lebih dari 300 mg/dl. Walaupun demikian, ancaman dari penyakit kolesterol tidak bisa terjadi jika rutin mengonsumsi ikan.

Itu karena pada setiap tubuh ikan mempunyai simpanan minyak ikan yang amat tinggi.

Manfaat minyak ikan (cold liver) yang berada di dalam tubuh ikan, mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega.

Memfasilitasi Program Diet Sehat
Jika sedang menjalankan program diet, makan ikan merupakan alternatif yang pas untuk Anda. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Orang yang suka memakannya umumnya akan jarang memakan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti halnya yang ada pada keju atau daging.

Sumber : https://ramesia.com/manfaat-ikan-bakar/
https://ramesia.com/

Manfaat Susu Kedelai Melilea Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat susu kedelai melilea sangat terkenal di Indonesia sebagai salah satu minuman yang sangat menyegarkan dan baik untuk kesehatan. Susu kedelai merupakan satu dari olahan biji kedelai yang cukup gampang ditemukan di manapun. Selain mempunyai cita rasa yang enak dan favorit banyak kalangan, susu kedelai mempunyai manfaat yang cukup baik untuk tubuh.

Protein
Susu kedelai mempunyai protein yang hampir sama jumlahnya dengan protein susu sapi, namun dengan kalori yang cukup rendah. Susu kedelai merupakan sumber protein yang sangat kompleks yang diperlukan bagi tubuh. Kedelai mengandung 9 asam amino esensial. Tubuh akan mengubah asam amino menjadi protein yang baru, termasuk antibodi yang penting bagi fungsi sistem kekebalan tubuh. Kandungan protein yang berperan dalam jaringan, dan enzim yang bagus bagi sel-sel dalam tubuh menghasilkan tenaga. Tiap cangkir susu kedelai dengan tanpa gula mengandung 7 gram kandungan protein.

Mineral dan Vitamin
Susu kedelai kaya kandungan vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan untuk kesehatan manusia. Vitamin B12 membantu memproduksi hemoglobin untuk menanggulangi gejala anemia. Sumber vitamin B12 di antaranya produk susu atau telur. Akan tetapi, untuk vegetarian juga mereka yang alergi terhadap susu sapi, minum susu kedelai merupakan solusi melengkapi asupan vitamin B12. Sedangkan vitamin D membantu untuk kesehatan tulang. Banyak susu kedelai yang dijual telah diberi tambahan vitamin D.

Baca juga  Cara Membuat Martabak Manis yang Lezat dan Laris
Lemak, Magnesium dan Kalsium serta Zinc
Kedelai banyak kandungan asam lemak seperti omega-3 yang mampu mengurangi kadar kolesterol, sehingga meminimalisir risiko sakit jantung koroner dan serangan jantung. Magnesium dan kalsium yang terdapat dalam kedelai disebut-sebut mampu meminimalkan migrain, mengontrol kadar gula dalam darah, dan mengurangi gejala pra-menstruasi. Susu kedelai juga mengandung zat besi yang berperan untuk sistem antibodi.

Manfaat susu kedelai melilea cukup efektif untuk bermacam-macam masalah kesehatan. Protein, vitamin juga mineral bisa membantu bermacam-macam masalah diantaranya:

Menghambat pengeroposan tulang
Mengontrol kolestrol dalam darah
Kesehatan Jantung (kardiovaskular)
Mengendalikan tekanan darah tinggi
Meminimalkan ancaman diabetes
Manfaat susu kedelai melilea Sebagai Pengganti Susu Sapi
Pencernaan yang tidak begitu baik bisa diatasi dengan minum susu kedelai untuk pengganti susu sapi. Bagi anak-anak yang alergi pada susu sapi, sangat disarankan agar ditukar dengan protein susu kedelai.

Sedangkan bagi anak-anak yang mengidap autisme, protein yang terdapat pada susu sapi atau olahannya seperti keju mengandung glutein dan kasein yang akan mengganggu kerja otak, yang jika dibiarkan akan dapat menambah parah autisme. Itulah sebabnya penggunaan susu sapi pun harus diganti dengan susu kedelai, agar dapat menjaga fungsi otaknya.

Manfaat Susu Kedelai Melilea yang Lain
Manfaat susu kedelai melilea yang lain ialah bagi yang sedang melakukan diet bisa memanfaatkan susu kedelai untuk pemenuhan gizi ketika diet. Minuman ini merupakan minuman yang berprotein tinggi tapi rendah kandungan lemak. Sehingga tak perlu takut gemuk dalam mengkonsumsinya. Penelitian lain menyebutkan bahwa mengkonsumsi sebesar 10 mg kedelai setiap hari dapat menurunkan ancaman kanker payudara sampai 25 persen. Ini disebabkan kedelai mempunyai kandungan antioksidan berupa zat genistein yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker bila dikonsumsi tidak dengan berlebih-lebihan.

Comments

Popular Posts